Bukan Cuma Balap Pabrikan, SMK Walang Jaya Akan Berpartisipasi di Indoprix!

Bukan Cuma Balap Pabrikan, SMK Walang Jaya Akan Berpartisipasi di Indoprix!

SMK Walang Jaya adalah sekolah otomotif yang telah menyabet beberapa kejuaraan di balapan resmi buatan Yamaha. Dalam ajang tersebut, SMK binaan Yamaha ini mengandalkan Yamaha R15 lama dan Yamaha R25. Menariknya, ternyata ambisi sekolah otomotif tersebut tidak berhenti sampai di balap pabrikan saja.

Aji Wisnugroho selaku Pemilik Yayasan Walang Jaya mengaku akan mengikuti kejuaraan Indoprix dan Drag Race. Pihak sekolahnya telah menyiapkan beberapa motor untuk dibalapkan. Di antaranya mulai dari motor 2-tak, 4-tak bebek, hingga 4-tak matic akan turut dilombakan.

Foto: Brian

"Ke depan kita rencananya mau ikut balapan di Indoprix juga. Kita sudah siapkan MX-King juga untuk kelas bebeknya. Di luar itu kita juga siapkan RX-King, Nouvo, dan Force 1 kita siapkan untuk Drag Race di Jakarta," ujar Aji ketika ditemui OtoMods di Sentul, Bogor, Minggu (19/6) kemarin.

Aji sendiri mengaku sejak awal memfokuskan modifikasi motor untuk balapan drag, kemudian pada 2018 mulai fokus di balap road race. Di Yamaha Endurance 2019, SMK Walang Jaya berhasil menyabet juara satu mengalahkan tim Yamaha Racing Indonesia. Kemudian mendapatkan tiga kali juara satu di Yamaha Sunday Race.

Foto: Brian

"Kesulitan enggak, karena kebetulan mekanik kita itu lulusan dari kami sendiri. lulus dari kami langsung ikut YES di Yamaha dan langsung ditarik oleh DDS Jakarta. Kemudian jadi mekaniak balap Asia, kembali ke Indonesia sekarang kerja di DDS dan pegang pit Bogor," pungkasnya.

Aji menyebutkan untuk kebutuhan balap, dari motor hingga komponen modifikasinya dibeli sendiri dari pihak sekolah tanpa adanya sponsor. Kemudian motor-motor yang turut dibalapkan pun tidak dirakit dari bengkel luar, melainkan dibangun sendiri.