Cara Mengatasi Rem Belakang Vespa Matic Keras, Harus Ganti Disc Brake?

Cara Mengatasi Rem Belakang Vespa Matic Keras, Harus Ganti Disc Brake?

Vespa matic di model apapun kerap memiliki masalah pada rem belakang yang terasa keras dan kurang pakem. Jika hal ini terjadi, tentunya akan mengganggu kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Lantas bagaimana solusi untuk mengatasi rem yang keras tersebut?

Abdul Rosyid selaku Kepala Mekanik Scooter VIP mengatakan kondisi rem belakang Vespa matic yang keras memang umum ditemukan. Menurutnya hal tersebut terjadi karena adanya kondisi kabel yang berkarat. Abdul pun menjelaskan beberapa faktor yang membuat kabel pengereman belakang Vespa matic berkarat.

Foto: Brian

"Memang umumnya rem belakang Vespa sering keras, karena kondisi kabel yang berkarat. Hal itu disebabkan ukuran diameter kabel rem Vespa matic lebih besar dari motor matic lain, sehingga rentan masuk kotoran atau air," ujar Abdul ketika ditemui OtoMods di Ruko Grand Galaxy City, Bekasi, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Abdul menjelaskan untuk mengatasi rem belakang Vespa matic yang berkarat bisa dibersihkan dengan diberi pelumas. Jika sudah dibersihkan dan masih terasa keras, maka tidak menutup kemungkinan kondisi kabel sudah rusak. Jika rusak maka pemilik Vespa harus rela mengganti kabel rem tersebut.

Foto: Brian

“Bersihkan bagian atas kabel dekat tuas rem dan bagian bawah yang dekat tuas paha rem tromol di roda belakang pakai cairan penetran. Biasanya di bagian bawah yang sering menampung air dan berkarat. Jika masih terasa keras, kemungkinan ada serabut kawat di kabel rem yang sudah putus sehingga mengganggu pergerakannya," pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, kondisi rem belakang Vespa matic yang terasa keras memang wajar ditemukan. Mengingat Vespa matic rata-rata masih menggunakan rem tromol. Berbeda pada motor matic 150 cc lainnya yang sudah banyak yang mengandalkan disc brake.