Cuma Modal Rp 13 Juta Bisa Tingkatkan Performa Kawasaki Ninja ZX-25R

Cuma Modal Rp 13 Juta Bisa Tingkatkan Performa Kawasaki Ninja ZX-25R

Kawasaki Ninja ZX-25R tentunya banyak diminati para pecinta motor sport di tanah air. Bagaimana tidak, motor 250 cc berkonfigurasi 4-silinder ini tentunya menghasilkan tenaga yang besar dan suara yang merdu. Namun banyak yang mengeluhkan akselerasinya yang terbilang lemot, sehingga membutuhkan modifikasi di sektor performa.

Thomas William selaku Tuner Reisen Motoshop menyebutkan saat ini belum banyak komponen modifikasi performa untuk Kawasaki Ninja ZX-25R. Namun, bukan berarti performanya tidak bisa ditingkatkan, terdapat beberapa komponen yang sudah dapat dipakai. Salah satunya adalah dengan menggunakan piggyback untuk meningkatkan performanya.

Foto: Istimewa

"Pertama kali yang disarankan biasanya itu, kalau eprtama kali banget berarti pakai piggyback. Karena ECU-nya belum ada yang jual, cuma kalau piggyback yan begitu, dia manipulasi saja. Manipualsi bahan bakar dan manipulasi ignition," ujar Willy sapaan akrabnya saat ditemui beberapa waktu lalu di Bekasi.

Willy menyebutkan selain piggyback, pengguna Kawasaki Ninja ZX-25R juga dapat melakukan porting polish di cylinder head. Ditambah dengan meningkatkan rasio kompresi mesin juga mampu meninggkatkan tenaga. Pengerjaannya sendiri menurut Willy terbilang mudah, karena tidak perlu menurunkan mesin ZX-25R.

Foto: Istimewa

"Kalau ZX-25R itu untuk porting polish sama naik kompresi bisa habis Rp 4-5 jutaan. Itu atasnya doang, head-nya dilepas jadi enggak turun mesin. Kalau piggyback ya Rp 6,5 jutaan baru barangnya saja, belum instalasinya sekitar Rp 300 ribu, setting sama dyno Rp 500 ribu," pungkas William.

Willy menyebutkan, setelah modifikasi di atas telah dilakukan, penggunanya dapat menggantikan knalpot racing. Mengenai modifikasi knalpot, tentunya bisa meyesuaikan selera dan budget dari masing-masing pengguna.