Engine Mounting Vespa Sprint 150 Rusak? Ini Penyebabnya!

Engine Mounting Vespa Sprint 150 Rusak? Ini Penyebabnya!

Kerusakan pada komponen sepeda motor tentunya tak dapat dihindari, terutama jika usianya yang sudah usang. Seperti pada Vespa Sprint 150 yang kerap disebutkan mengalami kerusakan di bagian engine mounting. Lantas jika engine mounting rusak, kira-kira apa yang menyebabkan kerusakannya?

Abdul Rosyid selaku Kepala Mekanik Scooter VIP menyebutkan terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan engine mounting rusak. Abdul sendiri menyebutkan kemungkinan besar salah satu penyebabnya adalah usia pakai. Biasanya kerusakan karena usia maksimal saat dipakai lebih dari 2 tahun.

Foto: Brian

"Salah satu faktor penyebabnya yang pasti karena usia pemakaiannya, memang sudah lama. Biasanya ketika motor sudah berumur 2 sampai 3 tahunan, tapi memang ada yang lebih cepat dari itu sih," ujar Abdul saat ditemui OtoMods di Kawasan Ruko Grand Galaxy City, Bekasi, Jawa Barat.

Abdul berpendapat terdapat faktor lain dari kerusakan engine mounting selain dari usia yang sudah dipakai lama. Salah satu penyebabnya menurut Abdul adalah sering terkena atau mengangkut beban yang berat. Sering melewati jalan rusak dan terkena genangan air hujan juga dapat menjadi salah satu penyebab kerusakan komponen tersebut.

Foto: Brian

"Faktor penyebab lain bisa dari sering membawa beban berlebih, kinerja mounting pastinya lebih berat sehingga mengakibatkan lebih cepat rusak. Sering terkena genangan air hujan juga bisa jadi penyebabnya, apalagi Vespa matik kan pendek. Posisi engine mounting yang ada di kolong, sehingga cipratan air hujan bakal bikin korosi bagian bracket dan karetnya jadi cepat getas," pungkasnya.

Abdul sendiri menyebutkan ciri-ciri engine mounting yang sudah rusak dapat dirasakan saat digunakan berkendara. Selain itu jika dilihat secara fisik, mungkin terjadi keretakan bahkan komponen tersebut hancur. Untuk mengeceknya, pemilik bisa membuka bagian penutup engine mounting dengan menggunakan kunci L.