Honda CB150R Bisa Pakai Suspensi Upside Down? Plug And Play?

Honda CB150R Bisa Pakai Suspensi Upside Down? Plug And Play?

All New Honda CB150R Streetfire dibekali suspensi baru dengan model upside down yang lebih kekar. Berbeda dari generasi sebelumnya yang masih mengandalkan model teleskopik. Lantas bisakah suspensi upside down generasi baru dipasangkan di model lama?

Yudi Heryadi selaku Technical Development Manager Daya Adicipta Motora (DAM) mencoba menjawab pertanyaan tersebut. Menurutnya suspensi upside down di All New Honda CB150R Streetfire tidak bisa langsung dipasang ke model lama. Terdapat banyak ubahan yang harus disesuaikan agar suspensi tersebut bisa terpasang dengan baik.

"Jadi tidak bisa fit langsung diganti, kalaupun diganti ada banyak hal yang harus diubah nantinya. Mungkin di steering stem-nya, kemudian rodanya, karena kalau dipasang saya rasa akan bergesekan pada bagian lain di motor yang lama," ujar Yudi beberapa waktu lalu.

Foto: Brian

Sayangnya, Yudi juga belum dapat mengetahui berapa harga komponen dan apa saja yang harus diganti untuk memasang suspensi upside down di CB150R Streetfire lama. Mengingat cukup banyak yang harus disesuaikan untuk memasangkan suspensi baru tersebut. Sehingga harus mengecek lebih lanjut tiap komponen yang akan dipasangkan.

"Kalau harganya harus dilihat lagi komponen apa saja yang harus diubah. Tadi lumayan soalnya, perhatikan dari tangki desainnya kan baru jadi menghindarkan tonjolan dari suspensi itu agar bebas bergerak. Harganya harus dicek lagi, kalau total kan berapa part yang harus diganti," pungkasnya.