Katros Garage Modifikasi Motor Roda Tiga Jadi Mirip Bemo

Katros Garage Modifikasi Motor Roda Tiga Jadi Mirip Bemo

Katros Garage banyak dikenal sebagai bengkel modifikasi motor custom di Indonesia. Namun siapa sangka, bengkel yang pernah mengerjakan motor Presiden Joko Widodo itu justru membuat motor roda tiga menjadi sebuah bemo. Kali ini Katros memodifikasi motor roda tiga dari Viar Karya dan diberi nama Moger alias Motor Gerobak.

Andi Akbar alias Atenx selaku pemilik Katros Garage mengatakan konsep dari Moger ini karena ingin membuat konten yang seru. Atenx mengaku, motor roda tiga menjadi bahan yang menarik karena dianggap sebelah mata. Secara struktur, motor roda tiga juga paling tepat untuk diubah menjadi sebuah bemo hingga terpilih lah Viar Karya 100 cc.

Foto: Brian

"Pesannya sebenarnya, apapun motornya kalau bisa digunain dan manfaatin bisa jadi sesuatu yang seru. Makanya gua pilih roda tiga, dan banyak juga yang minat. Sebenarnya konsepnya untuk bawa konsumen dari Katros Garage ke Custom Kit, kalau naik mobil lagi kan kasian, jadi dianterin gitu pakai Moger," ujar Atenx ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu.

Sementara untuk desain bentuk, Atenx mengaku terinspirasi dari Mazda K360. Mazda K360 sendiri memiliki desain yang sama seperti bemo, hanya saja menggunakan kemudi setir. Sementara Viar Karya yang diubah menjadi Moger ini tetap menggunakan setang layaknya sebuah motor.

Foto: Brian

"Konsepnya itu kan gua ngambil dari Mazda 360, kalau di Indonesia kan long chasis ya, kalau di sana Mazda kan agak bantet. Jadi ibaratnya roda tiga kaya bajaj, tapi mini, jadi kalau di sini bemo kan bawa orang, kalau di luar Mazda itu bawa barang," pungkas Atenx.

Menariknya, Moger ini memiliki sasis tambahan untuk membuat bodi bagian depannya. Sehingga motor tiga roda tersebut memiliki kabin bagian depan yang lengkap dengan windshield. Kemudian di bagian dalamnya dilengkapi dengan transmisi maju dan mundur, serta rem tangan.