Meningkatkan Pengereman Wajib Ganti Selang Braided Terlebih Dahulu

Meningkatkan Pengereman Wajib Ganti Selang Braided Terlebih Dahulu

Pengereman dalam sebuah sepeda motor tentunya memiliki peran yang penting untuk menghentikan lajunya. Namun masih banyak yang salah kaprah dalam meningkatkan komponen pengereman yang satu ini. Biasanya selang rem justru menjadi komponen yang disepelekan, padahal punya peran paling besar.

Jeffry Willar selaku Marketing Manager Mitra 2000 TDR menyebutkan selang rem standar bawaan pabrik memiliki performa yang menurun seiring tahunnya. Terutama pada motor-motor yang terbilang sudah memiliki banyak umur. Maka penggantian selang rem ke model braided menjadi modifikasi pertama ketika ingin meningkatkan pengereman.

Foto: Brian

"Kalau selang rem standar itu kan pakai bahannya karet gitu ya. Jadi seiring waktu itu kekuatannya menurun, jadi ketika tuas master rem ditarik, pompaannya itu justru bikin selang rem mengembang. Padahal harusnya minyak rem itu bergerak ke bawah menekan piston, tapi karena selang rem-nya karet dia malah mengembang disitu," jelas Jeffry saat ditemui OtoMods.

Jeffry menjelaskan pada selang rem braided seperti milik TDR memiliki bahan anti panas. Mengingat kerja piston di kaliper rem bergesekan dengan disc brake, maka terdapat suhu panas. Dengan selang rem braided, maka suhu panas tersebut bisa diatasi sehingga tidak mengurangi kinerja pengereman.

Foto: Brian

"Jadi kalau selang rem braided itu dalamnya pakai bahan yang anti panas. Kemudian dilapisi braided, sehingga selangnya tidak mengembang sewaktu master rem dipompa. Sehingga minyak rem itu langsung turun ke bawah untuk memompa piston yang ada dikaliper untuk menggigit disc brake," paparnya.

Jeffry pun menyarankan dalam setiap modifikasi peningkatan komponen pengereman, sebaiknya mengganti selang rem terlebih dahulu. Terutama pada modifikasi pengereman yang dicicil, setelahnya pemilik motor bisa melakukan peningkatan pada komponen lainnya.