Pakai Knalpot Racing Bisa Tambah Tenaga Motor, Bagaimana Faktanya?

Pakai Knalpot Racing Bisa Tambah Tenaga Motor, Bagaimana Faktanya?

Modifikasi knalpot tampaknya harus dilakukan oleh para pecinta roda dua di Indonesia. Biasanya knalpot dapat dimodifikasi dengan komponen aftermarket atau dibuat secara kustom. Knalpot racing disebutkan dapat membuat tenaga motor meningkat, bagaimana faktanya?

Wawan selaku pemilik bengkel knalpot WRC Racing Muffler menyebutkan hal tersebut benar adanya. Menurutnya knalpot racing memiliki jalur pembuangan yang tidak terdapat hambatan. Sehingga buangan dari mesin dapat dengan mudah keluar yang mengakibatkan motor terasa lebih bertenaga.

"Pasti nambah, dari pembuangannya sih mas. Kan kalau kenalpot aslinya dia banyak yang menahan, sama banyak catalyst. Nah itu kalau kami bikin knalpot dia sudah lurus dan semuanya plong. Jadi engga ada hambatan dan bikin powernya lebih enak," ujar Wawan ketika ditemui beberapa waktu lalu.

Istimewa

Wawan pun dapat mengetahui tambahan tenaga tersebut lewat hasil dari Dyno Test. Dengan mengganti knalpot racing, terutama knalpot yang dibuat olehnya, terbukti meningkatkan tenaga mesin. Namun Wawan menyebutkan, tidak bisa asal dalam pembuatan knalpot agar mendapatkan tenaga tambahan yang diinginkan.

"Ketahuannya itu dari hasil dyno test, naiknya seberapa itu ketahuan. Pemakaian ukuran pipanya juga engga asal, kalau terlalu besar spesifikasinya bukannya nambah lari tapi malah ngedrop tenaganya," lanjut Wawan.