Pelek NMax Dipasang ke Yamaha Fazzio, Apa Saja Penyesuaiannya?

Pelek NMax Dipasang ke Yamaha Fazzio, Apa Saja Penyesuaiannya?

Yamaha Fazzio menjadi skutik classy pertama dari pabrikan garpu tala. Motor yang satu ini cukup menarik karena punya desain berbeda dengan kaki-kaki mungil berdiameter ring 12 inci. Lantas kira-kira bisa enggak ya, jika Fazzio dipasangkan pelek NMax ring 13 inci?

Robby Ganie selaku Tim RND RCB Indonesia menjelaskan terdapat beberapa penyesuaian jika ingin memasang pelek NMax ke Fazzio. Terutama pada bagian belakang, menurut Robby NMax dan Fazzio memiliki ukuran gigi nanas yang berbeda. Sehingga as roda Fazzio harus diganti dan disesuaikan untuk bisa memasang pelek NMax.

Foto: Brian

"Terutama yang belakang, kan dia ada gigi nanas itu enggak sama. Kalau di NMax itu 24 mata, kalau Fazzio itu 21 kalau enggak salah, jadi sudah lain disitu. Jalan keluarnya Fazzio kita ganti as roda belakang Nmax, kemudian dibubut agar mengikuti bawaannya Fazzio. Baru dia bisa masuk," ujar Robby saat ditemui OtoMods beberapa waktu lalu di Tangerang.

Sementara untuk pelek bagian depan juga terdapat bagian yang dibubut untuk bagian hub tengah pelek. Mengingat suspensi bawaan Fazzio memiliki jarak yang tidak selebar NMax, sehingga membuat pelek standar tidak muat. Robby pun menjelaskan beberapa bagian pelek NMax dibubut beberapa milimeter agar bisa masuk ke garpu shock depan.

Foto: Brian

Jika sudah disesuaikan, maka pelek Yamaha NMax baru benar-benar bisa masuk ke Yamaha Fazzio. Namun masalah tidak berhenti disitu, karena NMax dibekali double disc-brake sementara Fazzio tidak. Sehingga untuk pengereman belakang harus terdapat akal-akalan agar perangkat deselerasi bisa terpasang.

"Nah di sini yang ribet, karena kalau kita pasang arm NMax itu agak sulit. Kami sudah pernah coba, enggak memungkinkan. Jadi kita bikin braket seperti lengan gitu untuk kalipernya. Cuma kurang disarankan untuk perjalanan jarak jauh ya," papar Robby.