Pelek RCB FG 506 Milik NMax Dipasang ke Yamaha Fazzio, Harganya Rp 12 Juta!

Pelek RCB FG 506 Milik NMax Dipasang ke Yamaha Fazzio, Harganya Rp 12 Juta!

Racing Boy atau lebih dikenal dengan RCB menghadirkan pelek forged yang dapat dipasangkan plug and play ke NMax lama bernama FG 506. Menariknya, merek aftermarket dari Malaysia ini memasangkan pelek tersebut ke Yamaha Fazzio. Pemasangan tersebut dilakukan oleh RCB Indonesia yang tentunya membutuhkan sejumlah penyesuaian.

Robby Ganie selaku Tim R&D RCB Indonesia menyebutkan pemasangan pelek tersebut ke Yamaha Fazzio tidaklah mudah. Mengingat pelek Fazzio memiliki ukuran 12 inci dengan lebar 2.50 inci di depan dan 2.75 inci di belakang. Sementara pelek RCB FG 506 memiliki ukuran 13 inci dengan lebar 3.25 inci di depan dan 3.75 inci di belakang.

Foto: Brian

"Enaknya pelek ini punya hub yang dapat dilepas, jadi seperti di bagian depan ini harus dibubut kan. Karena bisa dilepas jadi yang dibubut tidak dengan peleknya, hub-nya saja. Di bagian depan ada yang harus dibubut beberapa mili, karena garpu depannya Fazzio tidak selebar punya NMax," jelas Robby ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu.

Sementara itu untuk pemasangan pelek belakang ke Yamaha Fazzio juga terdapat penyesuaian. Salah satunya adalah gigi nanas dari as roda Fazzio lebih kecil. Sehingga diganti dengan as roda milik Yamaha NMax lama yang memiliki gigi nanas lebih besar.

Foto: Brian

"Karena pakai pelek Yamaha NMax, jadinya disc brake original Fazzio tidak bisa dipakai. Jadi kita pakai Disc Brake RCB S-Series floating 230 mm yang punya NMax. Sementara untuk cakram belakang kita bikin sendiri braket kalipernya," papar Robby.

Pelek RCB FG 506 ini dibuat dengan blok alumunium yang ditempa menggunakan mesin. Kelebihan pelek ini memiliki bobot 2,13 kg lebih ringan daripada pelek standar NMax. Sementara harga jual dari pelek ini dibanderol sebesar Rp 12 jutaan saja.