Punya Yamaha Vixion R di Rumah? Cukup Ubah Komponen Ini Bisa Jadi XSR 155

Punya Yamaha Vixion R di Rumah? Cukup Ubah Komponen Ini Bisa Jadi XSR 155

Yamaha mengeluarkan XSR 155 pada akhir tahun 2020 lalu sebagai produk sport heritage untuk pasar Indonesia. Motor yang satu ini memang sudah terlihat layaknya motor kustom meskipun masih dalam keadaan standar dari pabrikannya. Menariknya XSR 155 memiliki basis konstruksi yang mirip dengan Vixion R, lantas bisakah dimodifikasi agar tampilannya menjadi lebih mirip?

Andi Akbar alias Atenx dari Katros Garage menyebutkan jika basis Yamaha Vixion R dimodifikasi menjadi XSR 155 memungkinkan dilakukan. Namun akan terdapat banyak yang harus diganti dari komponen standar Vixion R. Yang paling jelas akan berubah dari standarnya adalah sasis alias rangka.

Foto: Brian

"Kalau dibikin kustom sih bisa, tapi mesti rombak sasis. Sasis di rombak, bodi-bodi bikin baru, terus kalau kaki-kaki kan Vixion masih teleskopik ya dan swingarm-nya masih yang hollow pipe. Sedangkan XSR swingarm sudah banana dan suspensi depan juga sudah upside down," ujar Atenx beberapa waktu lalu di Tangerang Selatan, Banten.

Atenx menyebutkan jika mengubah Vixion R menjadi sangat mirip dengan XSR 155, maka hanya menyisakan mesin dan rangka saja. Sementara jika tidak mengubah beberapa komponen terutama di bagian kaki-kaki, maka tampilannya akan menjadi kurang mirip. Menurutnya jika hanya ingin mirip dengan XSR, pemilik dapat mengganti ban dengan yang lebih besar.

Foto: Brian

"Sebenarnya kalau engga pakai ganti kaki-kaki juga bisa, paling cuma ban digedein. Kan XSR 155 ban belakangnya sudah besar tapak 140. Swingarm-nya kalau enggak mau ganti banana ya paling dipanjangin saja. Soalnya wheelbasenya berbeeda antara Vixion sama XSR 155," papar Atenx.

Sementara selain kaki-kaki terdapat ubahan yang cukup banyak dari part standar Yamaha Vixion. Mulai dari sasis, bodi, spakbor depan dan belakang, dan box aki. Bagaimana menurut Anda? Menarikkah modifikasi ini untuk dilakukan?