Suspensi Upside Down All new CBR150R Bisa Dipasang di Generasi Sebelumnya

Suspensi Upside Down All new CBR150R Bisa Dipasang di Generasi Sebelumnya

Honda CBR150R memang masih menggunakan suspensi teleskopik yang terbilang cukup tertinggal. Namun generasi terbarunya yakni All New Honda CBR150R telah mendapatkan suspensi upside down yang lebih cocok pada motor sport. Lantas bisakah suspensi di model baru tersebut dipakai di generasi lama?

Endro Sutarno selaku technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan jika CBR150R model lama hanya mengganti 1 set suspensi upside down maka tidak bisa dipasangkan. Menurutnya, harus terdapat penyesuaian jika upside down All New Honda CBR150R ingin dipasang pada model lama. Mengingat diameter outerclmap pada versi lama lebih kecil dibandingkan generasi terbarunya.

"Jika hanya mengganti satu set front fork tidak bisa, dikarenakan diameter outerclampnya berbeda," ujar Endro saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Foto: Istimewa

Jika pengguna Honda CBR150R lama ingin menggunakan suspensi upside down, terdapat penyesuaian di beberapa komponen. Endro menjelaskan terdapat enam komponen yang harus ikut disesuaikan. Namun tenang saja, penyesuaian ini tidak sampai merubah bodi fairing bagian dalamnya.

"Untuk menggunakan upside down banyak part yang perlu diganti. Di antaranya 1 set front fork, top bridge, triple tree, 1 set setang kemudi, front fender, dan as roda," jelas Endro.

Jika melihat dari harganya, berdasarkan situs Honda Cengkareng suspensi upside down Honda CBR150R dibanderol seharga Rp 4 jutaan. Namun harga tersebut hanya untuk suspensinya saja, belum termasuk segitiga atas dan bawah, as roda, dan lainnya.