Tips Merawat Vespa Matic, Perlu Perhatikan Suara Mesin

Tips Merawat Vespa Matic, Perlu Perhatikan Suara Mesin

Vespa matic tentunya kini banyak diminati anak muda karena desain yang cantik serta sejarahnya yang legendaris di Indonesia. Banyak yang memiliki skuter Italia ini, sehingga tak heran banyak bengkel spesialis Vespa di tanah air. Salah satunya adalah Scooter VIP yang memiliki spesialisasi dalam perawatan dan modifikasi Vespa matic.

Denil Sagita selaku pemilik bengkel Scooter VIP mengatakan merawat Vespa Matic harus memperhatikan berbagai hal. Yang paling utama menurut Denil adalah penggantian oli secara rutin. Menurutnya hal ini penting karena oli yang sudah lama terpakai maka viskositasnya akan berubah.

Foto: Brian

"Yang penting sih kalau Vespa matic terutama, itu jangan sampai telat ganti oli sih. Karena kan oli itu viskositasnya bisa lebih encer lama-kelamaan seiring pemakaian. Lakuin perawatan rutin sesuai standar yang ditetapkan dengan pabrikan, intinya lakuin itu saja sih," ujar Denil ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu di Bekasi.

Selain oli, beberapa komponen lain dari Vespa matic juga harus diperhatikan menurut Denil. Di antaranya adalah filter oli, kampas kopling, dan belt, komponen-komponen tersebut harus diperhatikan dan diganti dalam beberapa ribu kilometer. Menurut Denil jangan sampai tidak diganti karena dapat menimbulkan kerusakan bahkan tidak menutup kemungkinan kerusakan dapat menyebar ke bagian lainnya.

Foto: istimewa

"Misalnya tepat waktu juga untuk ganti filter oli tiap berapa ribu kilometer, kampas kopling, belt. Belt itu yang cukup rawan ya karena orang sering merasa beltnya masih bisa dipakai. Kalau sudah waktunya tidak ganti tiba-tiba putus tengah jalan kan pusing dan lebih mahal lagi nanti," pungkasnya.

Terakhir Denil memberikan saran, kerap perhatikan suara-suara asing dan tidak enak yang ada di mesin. Jika suara-suara tersebut timbul, maka disarankan untuk mengunjungi bengkel Vespa terdekat untuk melakukan perbaikan. "Ada keluhan apa coba disampaikan ke mekanik, karena pengalaman gua kadang-kadang konsumen enggak bilang keluhannya. Kalau sudah begitu kita bengkel enggak bisa analisa lebih jauh," tutupnya.