Yamaha Aerox Modifikasi Monoshock dan Single Saeter Jadi Mirip R1M!

Yamaha Aerox Modifikasi Monoshock dan Single Saeter Jadi Mirip R1M!

Modifikasi motor memang dapat dilakukan dengan ide yang liar dan tanpa batas. Seperti yang dilakukan pemenang kompetisi "Online Customaxi 2021" dengan predikat sebagai "King of Maxi" yang diraih oleh Achmad Untung. Pria asal Malang itu memodifikasi Yamaha Aerox menjadi yang terinspirasi dari R1M.

Achmad Untung memodifikasi sebuah skutik maxi yang diberi nama "Yamaha Aerox R1M". Kompetisi yang semakin sulit membuat Untung melakukan modifikasi yang berbeda dari sebelumnya. Konsep tersebut pun berusaha membuat Yamaha Aerox 155 menjadi semirip mungkin dengan motor sport fairing YZF-R1M.

"Skuter Matic Maxi Yamaha saya ubah tampilannya menjadi mirip dengan motor sport fairing YZF-R1M, terutama pada sektor bagian belakang. Dan saya bersyukur hasil karya ini bisa mengantarkan saya terpilih sebagai King of Maxi. Semoga bisa menginspirasi dan menjadi tren modifikasi untuk teman-teman lainnya,” ungkap Untung dalam keterangan tertulis.

Untung mengaku menghadapi beberapa kesulitan saat proses modifikasi Yamaha Aerox R1M. Salah satunya adalah dalam membuat bodi bagian tengah dan belakang agar dapat menyerupai R1M. Selain itu waktu dan persiapan yang diberikan sangat singkat sehingga menjadi tantangan tersendiri.

“Proses pembuatan Aerox R1M ini cukup menantang, karena selain waktu dan persiapan yang singkat, satu setengah bulan, pembuatan body custom bagian tengah dan belakang berbahan alumunium ini sangat sulit karena kami ingin tampilannya dapat semirip mungkin seperti YZF-R1M, hingga detail bagian air shroud," ujarnya.

"Konsekuensinya kami perlu membuat beberapa dummy body belakang dan memilih yang paling sempurna. Lalu cast wheel, kami juga custom pakai bahan alumunium, ini juga sulit dan memakan waktu pengerjaan yang lama karena kami cek betul kekuatan dan hasil finishing-nya,” tambah Untung.