Alpina Lucurkan B3 dan D3 S untuk BMW Seri-3 Facelift, Performa Meningkat?

Alpina Lucurkan B3 dan D3 S untuk BMW Seri-3 Facelift, Performa Meningkat?

Alpina merupakan in-house tuner BMW yang membuat versi mobil berbeda dari yang dibuat oleh pabrikan. Kali ini Alpina kembali meluncurkan versi yang lebih garang dari BMW Seri-3 Facelift. Terdapat dua model yang dibuat yakni versi sedan dengan nama Alpina B3 dan versi station wagon dengan nama Alpina D3 S.

Dilansir dari Autoevolution, ketika berbicara mengenai Alpina tentunya langsung tertuju pada tampilan dan performa mobil. Dari segi perfrma, terdapat peningkatan powertrain baru dibandingkan versi standarnya. Di antaranya adalah sistem pembuangan baru dan perangkat lunak mesin yang baru.

Autoevolution 

Dengan peningkatan tersebut, mesin 3.000 cc twin mono-scroll BMW Seri-3 Facelift memiliki tenaga 488 hp. Angka tersebut meningkat 32 hp jika dibandingkan pendahulunya. Sementara untuk torsinya ditingkatkan 30 Nm dari versi terdahulu menjadi 730 Nm.

Menariknya sejumlah tes dilakukan pada BMW Seri-3 Facelift usai mendapatkan peningkatan dari Alpina. Hasilnya mobil Eropa tersebut mampu mencapai 0-100 km/jam dalam 3,6 detik saja. Di sisi lain kecepatan tertingginya disebut mencapai 190 mph atau 305 km/jam.

Autoevolution

Mengenai harganya, tentunya memiliki banderol yang sangat mahal untuk peningkatan tersebut. Alpina B3 baru dapat dijual mulai dari 88.600 Euro atau setara dengan lebih kurangnya Rp 1,3 miliar.