Apakah Pelek 'Retro' Masih Aman Digunakan Pada Mobil?

Apakah Pelek 'Retro' Masih Aman Digunakan Pada Mobil?

Pelek merupakan peranti paling penting dalam sebuah mobil. Selain penting, pelek juga menjadi sarana bagi penggemar roda empat untuk bersolek. Apalagi para pemain mobil-mobil tua yang ikonik, tentunya ingin memiliki pelek asli sesuai dengan mobilnya. Nah lantas apakah pelek yang sudah berumur masih aman digunakan?

Nah pemilik bengkel reparasi pelek Eurovolution di Jl Raya Condet bernama Herdiwan mengatakan pelek yang sudah berumur akan berkurang durabilitasnya. "Sebenernya pelek ori yang sudah berumur masih bagus, paling kekuatannya berkurang 10%," ujar Herdiwan saat diwawancarai beberapa waktu lalu.

Herdiwan menjelaskan jika dibandingkan dengan pelek replika baru, pelek yang sudah berumur dan original tetap memiliki durabilitas yang paling kuat. "Misalnya pelek original tahun 1980-an atau 1990-an, dia kekuatannya tetap lebih kuat dibandingkan replika yang masih baru walaupun sudah berkurang 10% durabilitasnya. Karena harga barunya emang selisihnya jauh sekali," jelas Herdiwan.

Foto Ilustrasi Pelek Mobil

Pengurangan durabilitas terjadi dikarenakan faktor material bahan yang sudah lama dipakai. Sehingga pelek yang sudah berumur tersebut lebih mudah peyang walaupun hanya terbentur pada tingkat yang tidak terlalu keras.

Namun, Herdiwan menjelaskan, pelek yang berumur tersebut tetap dapat di reparasi. "Semua bisa di betulkan, asal jangan pecah dan pecahannya hilang. Semua pelek kalau pecahannya hilang kami bingung mau di tambal pakai apa?," tutupnya.