Aturan Track Day di Sirkuit Mandalika, Tak Boleh Asal Kencang!

Aturan Track Day di Sirkuit Mandalika, Tak Boleh Asal Kencang!

Pertamina Mandalika International Street Circuit telah sukses menyelenggarakan track day untuk pertama kalinya. Sejumlah pemain otomotif dan pecinta kecepatan di ajak untuk merasakan aspal lintasan Mandalika. Namun ternyata terdapat beberapa aturan agar menunjang keselamatan pada saat track day.

Priandhi Satria selaku Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengatakan terdapat batasan-batasan yang ditetapkan. Pertama dengan melepas mobil atau motor ke sirkuit dengan interval 10-15 detik. Peraturan itu dibuat agar peserta tidak kejar-kejaran dan saling balap.

"Kedua di dalam track sendiri kami tempatkan marshal dengan speed gun, kecepatannya tidak boleh melebihi kecepatan tertnu yang kami tentukan. Kalau salah satu dilanggar langsung kami diskualifikasi dan tidak boleh ikut lagi. Jadi ini tujuan utamanya untuk senang-senang, bukan buat balapan mencatatkan waktu," ujar Andi sapaan akrabnya ketika ditemui OtoMods di Sirkuit Mandalika beberapa waktu lalu.

Foto: Brian

Pihak MGPA disebutkan juga menempatkan beberapa cone untuk merubah alur lintasan dan memperlambat kecepatan. Bentuk lintasan cone dapat disesuaikan ketika peserta sudah terbiasa dengan racing line di sirkuit. Andi sendiri mengaku aturan track day tersebut sudah baku dan akan diterapkan pada setiap saat.

"Kalau track day aturan ini sebenarnya sudah baku, ada marshal, pemadam kebakaran, ambulans itu standar. Yang bisa kita adjust adalah kita tempatkan, cone untuk memperlambat mungkin nanti kita bedakan lagi kalau pengemudinya sudah terbiasa," pungkasnya.