Bedah Modifikasi Nissan Navara Menjadi Motorhome, Siap Buat Kemah?

Bedah Modifikasi Nissan Navara Menjadi Motorhome, Siap Buat Kemah?

Nissan Navara menjadi salah satu mobil double cabin yang pernah dipasarkan di Indonesia. Meskipun tidak dilanjutkan lagi produksinya, namun masih banyak peminat yang memodifikasi mobil yang satu ini. Salah satunya seperti yang dilakukan perussahaan Karoseri Laksana yang mengubahnya menjadi sebuah motorhome.

Nissan Navara yang dimodifikasi menjadi motorhome ini ditemui OtoMods di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di booth Karoseri Laksana di Hall 8. Mobil yang satu ini dipajang oleh Laksana sebagai kreasi terbaru mereka disaat pandemi menerjang. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Stefan Arman selaku Direktur Teknik Laksana.

"Jadi kan kami biasa membuat bus ya, kemudian di beberapa tahun kemarin pandemi itu kami sempat mengalami penurunan produksi. Kemudian kami coba buat kretifitas berupa motorhome dari mobil double cabin. Ternyata setelah kami bikin, antusias orang-orang itu cukup tinggi, jadi kami ingin teruskan kreasi tersebut," ujar Stefan ketika ditemui OtoMods di GIIAS, Jum'at (12/8).

Foto: Brian

Secara ubahan di bagian wajah dari Nissan Navara motorhome tidak mengalami perbedaan yang signifikan dari versi standarnya. Ubahan hanya ada pada warna bodinya yang menjadi broken white, serta dilengkapi oleh beberapa striping. Stiker komunitas motorhome juga terpasang di beberapa sisi mobil.

Ubahan paling banyak terdapat di bagian belakang, pick-up dari Nissan Navara tersebut diubah menjadi motorhome dengan bentuk kotak. Sehingga bagian belakangnya tak lagi memiliki pick-up dan lampu standar yang tak lagi digunakan. Ditambah terdapat pintu belakang sebagai akses masuk ke dalam motorhome tersebut.

Foto: Brian

Tepat di bagian atap kabin depan dari Nissan Navara Motorhome tersebut juga terdapat bodi tambahan yang cukup besar. Bodi tambahan tersebut merupakan ruangan untuk istirahat alias tidur. Di bagian atapnya dapat terbuka, sehingga terlihat seperti tenda layaknya campervan.

Stefan menyebutkan Nissan Navara Motorhome terdapat penguatan di bagian sasis-sasisnya mengingat bobotnya yang bertambah berat. Bagian suspensi juga turut diperkuat untuk meredam guncangan dari bobotnya yang semakin berat tersebut. Sementara pelek dari Navara masih diandalkan, namun ban telah diganti menggunakan GT Radial Savero M/T.