BMW E30 Tampil Bersih, Tenaganya Bisa Capai 625 DK!

BMW E30 Tampil Bersih, Tenaganya Bisa Capai 625 DK!

Pameran SEMA Show 2022 tampaknya tak henti-hentinya memamerkan mobil modifikasi yang membuat orang terheran-heran. Menariknya, modifikasi di pameran tersebut bukan hanya dari tuner, tapi hadir juga dari pabrikan. Salah satunya adalah BMW E30 dari Renner Amerika Serikat yang memiliki performa mesin bengis.

Dilansir dari Tuningblog, BMW E30 yang satu ini mendapat ubahan dapur pacu alias swap engine. Mesin 4-silinder bawaan mobil tersebut dianggap kurang bertenaga dan dilepas. Kemudian mesin tersebut diganti dengan sedan dari merek yang sama yakni BMW E60 M5.

Foto: Tuningblog

Mesin tersebut memiliki konfigurasi V10 5.000 cc N/A yang tentunya lebih bertenaga daripada mesin BMW E30. Namun mesin V10 itu juga telah mendapatkan sejumlah ubahan agar tenaganya bisa meningkat. Mulai dari katup timing VANOS yang dilepas agar lebih agresif dan intake udara karbon.

Pemasangan mesin V10 ke ruang mesin BMW E30 pun membutuhkan banyak penyesuaian yang tidak mudah. Namun usaha tersebut tentunya terbayarkan dengan tenaga yang diihasilkan. Laporan menyebutkan, tenaga dari sedan tua tersebut naik secara signifikan hingga 625 dk.

Foto: Tuningblog

Selanjutnya mesin bukan satu-satunya ubahan yang menarik pada BMW E30 ini. Sederet penyegaran di eksterior pun dilakukan oleh Renner. Mulai dari kaki-kaki dengan pelek bergaya aero disc yang dilengkapi detil aksen biru. Kemudian pelek tersebut dipadukan dengan ban Yokohama.

Bagian bodi dari BMW E30 ini pun telah dilengkapi dengan body kit M3. Di bagian belakangnya pun terdapat spoiler kecil yang memberikan kesan aerodinamis. Dengan warna silver yang senada pelek beraksen biru, memberikan keserasian tersendiri dari mobil tua tersebut.