BMW M3 E92 Drift di Goodwood Festival Pakai Mesin 2JZ Tenaga Tembus 900 DK

BMW M3 E92 Drift di Goodwood Festival Pakai Mesin 2JZ Tenaga Tembus 900 DK

Goodwood Festival of Speed memang menghadirkan beragam mobil yang sangat menarik untuk diulas. Seperti mobil milik James Deane yang menunggangi sedan sports BMW M3 E92 yang berkompetisi drifting. Menariknya, mobil tersebut mendapatkan modifikasi yang cukup ekstrim dengan menggunakan mesin 2JZ dari Toyota Supra.

Dilansir dari Carscoops, BMW M3 E92 milik James Deane ini  tidak hanya mencangkok mesin Toyota Supra MK4 saja. Tetapi juga melakukan modifikasi pada mesin 2JZ-GTE tersebut agar tenaganya meningkat signifikan. Secara kondisi standar, mesin 2JZ-GTE memiliki konfigurasi 6-silinder, 3.000 cc yang mampu mengeluarkan tenaga 320 dk dan torsi 427 Nm.

Foto: Carscoops

Kemudian untuk meningkatkan tenaganya, mesin tersebut dilengkapi single turbo lengkap dengan beberapa komponen internal baru. Kemudian mesin 2JZ-GTE di BMW M3 E92 tersebut juga dipasangkan 100-shot nitrous-oxide (NOS). Sistem nitro ini sangat penting, terutama di M3 Deane memiliki sistem nitro otomatis dengan kecepatan lebih dari 85 persen di putaran antara 3.500 rpm dan 8.500 rpm.

Hasilnya BMW M3 E92 tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 900 hp di putaran mesin 9.000 rpm. Nitro tersebut turut membantu memerangi turbo lag dan memastikan mesin dan tenaganya tetap responsif.

Foto: Carscoops

Dengan tenaga mobil yang meningkat, sistem pengereman BMW M3 E92 ini juga harus menjadi perhatian. Karena digunakan untuk drifting, maka pengereman di belakang mengandalkan dua kaliper. Kaliper tersebut diopoerasikan dengan pedal rem dan yang lainnya menggunakan rem tangan yang dirancang khusus.

Sementara bagian bodi BMW M3 E92 dipasangkan komponen karbon-kevlar di setiap panelnya. Sehingga mobil menjadi lebih ringan namun kuat dan tetap fleksibel. Bodi tersebut pun diberi warna dual tone hijau dan biru yang cukup kontras.