Bukan Sekadar Pasang, Coating Ternyata Harus Dirawat

Bukan Sekadar Pasang, Coating Ternyata Harus Dirawat

Coating merupakan lapisan pelindung mobil yang kerap dipilih untuk menjaga tampilan eksterior. Biasanya coating melapisi sisi terluar bodi mobil yang memiliki efek kilap dan bersifat hydropobic. Sehingga pemilik tidak perlu repot memoles mobilnya setiap kali digunakan.

Namun ternyata, meskipun coating bersifat melindungi, harus tetap dirawat. Perawatan coating memiliki sifat untuk mempertahankan lapisan agar dapat digunakan lebih lama lagi. Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan setelah mengaplikasikan lapisan coating di mobil?

bautenam

Arta Alfata selaku Brand Manager PT Global Auto International, distributor System X Ceramic Protection mengatakan coating harus tetap dirawat. Pasalnya walaupun bersifat melindungi cat original, namun coating dapat terjadi pengikisan. Arta pun menjelaskan beberapa fator yang dapat mengikis lapisan coating.

"Meski sudah di-coating, pemilik juga wajib menjaga, jangan dipakai sembarangan. Contoh kalau parkir di bawah pohon lebih baik ditutupin karena bisa terjadi pengikisan," ujar Arta di Jakarta beberapa waktu lalu.

Carmoto

Menurut Arta, menjaga lapisan coating cukup mudah yakni dengan menyiram eksterior dengan air biasa. Setelahnya dapat dilap menggunakan kain khusus seperti microfiber. Proses ini harus kerap dilakukan minimal satu minggu sekali atau saat mobil terkena air hujan.

"Selain itu ada yang namanya proses maintenance. Proses ini untuk melihat dan memperbarui lapisan coating yang telah diaplikasikan di mobil," ujar Arta.