Cerita Akbar Rais Bangun Satu-Satunya Mobil Drift Dari BMW M6

Cerita Akbar Rais Bangun Satu-Satunya Mobil Drift Dari BMW M6

BMW M6 merupakan mobil seri 6 dengan performa tinggi yang dilengkapi komponen khusus dari M Performance. Mobil jenis ini tidak banyak dipasaran baik Indonesia maupun secara global. Menariknya seorang drifter ternama Indonesia yakni Akbar Rais mengubah M6 menjadi sebuah mobil drifting.

Akbar Rais mengaku cerita mendapatkan mobil ini cukup unik hingga akhirnya dimodifikasi menjadi sebuah mobil drift. Akbar mengaku, BMW M6 yang dibelinya sudah dalam keadaan kosong hanya bodinya saja. Namun, karena alasan industri dan hiburan di dunia drifting, diputuskan olehnya untuk membeli mobil tersebut.

Foto: Brian

"Jadi ceritanya lagi di Malang, ada yang nawarin BMW Seri 6. Kayanya yang punya enggak ngerti kalau itu M6 dan niatnya mau dibangun mobil drift juga cuma enggak jadi. Pas saya temuin mobilnya cuma bodinya saja, mesin enggak ada, sampai interior juga kosong," ujar Akbar Rais ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu di Tangerang.

"Jadi ada tiga yang gua perhatikan ketika beli mobil BMW M6 ini. Pertama adalah dari fender, fender M6 itu dari fiber dan enggak mungkin dibuat di Indonesia karena rapih benget jadi pasti bikinan Jerman. Kemudian pintunya itu pakai alumunium, jadi makin kuat. Terakhir adalah atap, atapnya itu pakai karbon," lanjutnya.

Foto: Brian

Akbar menceritakan dari ketiga faktor tersebut, dirinya mengetahui bahwa mobil tersebut benar-benar BMW M6. Mobil tersebut pun dibelinya dengan harga ratusan juta saja dan ditambah oleh satu set pelek HSR. Kemudian mobil tersebut dipasangkan mesin 2JZ milik Toyota Supra dan beberapa komponen lainnya agar menjadi mobil drift.

Akbar Rais mengatakan total pembangunan BMW M6 untuk spesifikasi drifting mencapai biaya Rp 600 jutaan. Harga tersebut disebutkan olehnya, belum termasuk harga mobilnya. Lantas apa yang membuat Akbar Rais rela mengeluarkan duit yang cukup besar untuk membuat mobil drifting dari M6?

Foto: Brian

"Karena sebenarnya pertama, drifting itu kan entertainment. Kalau kita perhatiin di luar negeri, apa yang bikin mereka menarik? Mobil-mobil baru juga mereka pakai untuk drifting, ada yang pakai Lamborghini ada yang pakai Ferrari. Maksudnya kita jadi bikin sesuatu yang wah untuk industrinya. Jadi ini menarik BMW M6 untuk drifting yang hanya satu-satunya," pungkasnya.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak mobil yang dipasarkan dan mampu diubah spesifikasinya sesuai keperluan drifting. Mulai dari BMW E36, BMW E46, Nissan Cefiro, Toyota Supra, Nissan S15, dan masih banyak lagi.