Perbedaan Suspensi Air Cup dengan Air Suspension, Sudah Tahu?

Perbedaan Suspensi Air Cup dengan Air Suspension, Sudah Tahu?

Berbicara mobil ceper tentunya terdapat banyak pilihan untuk membuat suspensinya lebih pendek dari versi standar. Biasanya terdapat kustom suspensi, coilover, dan yang paling mahal adalah menggunakan air suspension. Namun bagi yang menggunakan coilover ternyata terdapat teknologi air cup yang dapat membantu mobil ketika melewati jalan yang kurang rata.

Riswan Rusdiansyah yang sudah menggunakan suspensi coilover lengkap dengan air cup pada Honda Civic Estilo miliknya menyebutkan komponen tersebut sangat membantu. Terutama dalam kondisi jalan yang kurang rata alias rusak, bahkan melewati polisi tidur yang cukup tinggi. Sehingga ketika dibutuhkan, suspensi dapat meninggikan mobil sesuai yang diinginkan, lantas apa bedanya dengan air suspension?

Foto: Brian

"Air cup itu sebenarnya adalah lift kit, dia enggak bisa untuk dipendekin. Jadi dia hanya untuk tinggin, kalau diomongin di mobil supercar, mereka ada HLS (Hydrolic Lift System). nah kalau air cup dia hanya untuk membantu kalau lagi ada jalan yang jelek, polisi tidur, atau jalanan menanjak," kata Riswan ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu.

Riswan sendiri menjelaskan, pada suspensi dengan air cup tetap mengandalkan komponen coilover. Kemudian air cup berupa piston kit diletakkan di atas komponen coilover agar dapat diisi udara untuk meninggikan mobil. Cara kerja untuk meninggikan mobilnya dengan mengisi angin ke air cup, agar shockbreaker tertekan ke atas sementara per tertekan ke bawah.

Foto: Brian

"Kalau pendek ya sudah sesuai setelan coilvoer, dia hanya membantu meninggikan. Bedanya kalau air suspension itu kan dia bisa tinggi banget dan bisa amles banget, dia (air cup) enggak bisa memang. Cara kerjanya sendiri dia ada anginnya sama seperti air suspension, ada kompresor dan tabungnya," jelas Riswan.

Sebagai tambahan informasi, Honda Civic Estilo milik Riswan telah menggunakan coilover dari ISC Stancelab. Air cup sendiri juga menggunakan komponen dari Stancelab. Jika dalam kondisi air cup berfungsi, maka kaki-kaki Estilo milik Riswan akan memiliki jarak antara fender dengan ban sebesar 5 cm atau 3 jari.