Honda Civic Estilo Pasang Suspensi Coilover dengan Air Cup, Plug and Play?

Honda Civic Estilo Pasang Suspensi Coilover dengan Air Cup, Plug and Play?

Honda Civic Estilo dengan wide body kit Pandem milik Riswan Rusdiansyah sudah OtoMods bahas dalam beberapa artikel. Bagian suspensi dari mobil tersebut cukup menarik untuk dibahas. Mengingat, Riswan mengandalkan suspensi coilover yang dipadukan dengan air cup agar dapat menyesuaikan tingginya. Lantas bagaimana dengan pemasangannya? Apakah plug and play?

Riswan menyebutkan pemasangan suspensi coilover dengan air cup pada Honda Civic Estilo tidak terlalu menyulitkan. Menurutnya pemasangan hanya disesuaikan dengan strut bar Cusco yang diandalkannya. Sementara air cup sendiri dipasangkan di atas coilover sebagai alat untuk membantu mobil melewati jalanan kurang rata dan polisi tidur.

Foto: Brian

"Pemasangannya sendiri enggak ribet, dia menyesuaikan sama strutnya. Dia ada piston kit-nya untuk menonjok ke atas selongsongnya yang diletakkan di atas coilover," ujar Riswan ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu di Jakarta Selatan.

Sisanya, beberapa komponen diandalkan oleh Riswan untuk kaki-kaki Honda Civic Estilo miliknya. Riswan mengganti dengan pelek lebar lansiran Volk Rays dengan ring 18 inci. Kemudian terdapat adaptor agar pelek yang digunakan dapat menyesuaikan dengan fender yang menggunakan wide body kit dari Pandem.

Foto: Brian

"Pelek pakai Volk Rays ZE40 Time Attack Edition 16x8 inci, adaptor 3,8 cm di depan dan belakang itu 4 cm dan berbahan harus dural karena memang harus enteng. Jadi memang posisi kaki-kakinya lebih keluar lagi, ditambah saya pakai chamber kit dari Skunk2 ya jadi bisa disetel sesuai keinginan kemiringan rodanya," paparnya.

Sementara untuk suspensi coilover dan air cup yang digunakannya pada Honda Civic Estilo mengandalkan komponen dari Stancelab. Ban Yokohama Advan Neova berukuran 225/45 R16 juga digunakan untuk mendukung tampilan dan performa dari Estilo tersebut.