Cukup Rp 2 Jutaan Bisa Bikin Tenaga Honda Vario 160 Naik Drastis!

Cukup Rp 2 Jutaan Bisa Bikin Tenaga Honda Vario 160 Naik Drastis!

Honda Vario 160 memang dikenal cukup kencang meskipun dalam keadaan standarnya. Hal ini dikarenakan konfigurasi mesin 157 cc dan pengapian 4 klep yang membuatnya memiliki tenaga besar. Namun bagi sebagian orang, terkadang tenaga standar dirasa masih kurang sehingga harus modifikasi.

Seperti Youtuber ternama yang satu ini yakni Den Dimas yang melakukan modifikasi performa pada Honda Vario 160 miliknya. Pria yang memiliki nama asli Briano Kawenang ini meningkatkan performa Vario 160 karena penasaran dengan seberapa besar peningkatan tenaganya dengan memanfaatkan komponen standar. Oleh karenanya sejumlah modifikasi pun dilakukan.

Foto: Brian

"Pertama itu ganti knalpot, pakai WRX Silent Racing, itu saja sudah bisa mendongkrak tenaganya. Kemudian upgrade CVT atau sekarang bahasanya kirian ya, itu bubut pulley 13,8 derajat sama ganti roller yang lebih ringan," ujar Den Dimas saat ditemui OtoMods beberapa waktu lalu.

Tak berhenti sampai disitu, komponen elektronik Honda Vario 160 juga mendapatkan peningkatan oleh Den Dimas. Salah satunya dengan cara melakukan remap pada Electronic Control Unit (ECU) standar bawaan Vario 160. Den Dimas mengaku hanya ubahan-ubahan tersebut saja, peningkatan di atas mesin dyno terasa sangat signifikan.

Foto: Brian

"Terakhir itu remap, ECU standarnya di remap sama Mahendra Motorsport (MMS) di Bekasi. Hasilnya itu sekarang di atas mesin dyno sampai 15 hp, waktu belum modifikasi alias standar itu tenaganya cuma 12 hp. Angka tersebut lumayan lah untuk sebuah motor kecil begini peningkatannya," paparnya.

Den Dimas pun menyebutkan untuk upgrade di bagian CVT dan remap ECU menghabiskan dana sekitar Rp 1,5 juta. Kemudian untuk knalpot WRX Silent Racing, menghabiskan dana Rp 1 juta. Sehingga jika ditotal, dana yang dibutuhkan untuk membuat Honda Vario 160 menjadi lebih bertenaga tapi masih cukup standar adalah Rp 2,5 juta.