Kaki-Kaki Gambot Yamaha Mio Listrik, Biar Kencang dan Stabil!

Kaki-Kaki Gambot Yamaha Mio Listrik, Biar Kencang dan Stabil!

Yamaha Mio Sporty yang dikonversi ke listrik garapan Andi Akbar alias Atenx Katros sudah kami bahas dalam beberapa artikel. Kali ini, OtoMods ingin membahas hal yang cukup menarik yakni kaki-kakinya yang gambot. Kira-kira apa saja ubahan dari skutik listrik tersebut?

Atenx menyebutkan kaki-kaki di belakang telah diubah menjadi dual shockbreaker. Hal ini dilakukan karena penempatan komponen kelistrikan yang mengubah semua struktur rangka termasuk kaki-kakinya. Sehingga konsep awal yang diinginkan Atenx tidak bisa dipasang pada motor konversi Yamaha Mio Listrik.

Foto: Brian

"Tadinya mau pakai model arm banana, jadinya enggak bisa. Terus mau pakai monoshock juga enggak bisa, karena bisa dilihat baterainya ini sudah overlap banget sampai ke bawah-bawah. Akhirnya diputuskan yang masuk akal pakai dual shockbreaker terus pakai arm hollow punya Scorpio. Jadi memang mencari yang pipa saja, keuntungannya lebih enteng lah ya," ujar Atenx ketika ditemui OtoMods.

Kemudian di ban bagian belakang memang dibuat lebih lebar dari standarnya karena tidak ingin menggunakan ban kecil. Menurut Atenx motor yang kencang tidak selalu identik dengan ban kecil. Sehingga kaki-kaki besar dipasangkan yang membuat Yamaha Mio Listrik ini terlihat semakin gambot.

Foto: Brian

"Jadinya diputuskan pakai roda depan lebar pelek 2,5 inci bahan alumunium dengan ban Maxxis berukuran 100/80 ring 14 inci. Yang belakang ban Maxxis 140/80 pakai pelek 4,5 inci. Karena sudah pakai rantai jadi belakang pakai tromol dan nap gear punya Scorpio," papar Atenx. 

Pelek dan ban Yamaha Mio Listrik tersebut dibantu oleh suspensi dual shockbreaker 340 mm dari motor batangan. Sementara di depan menggunakan suspensi dari Kayaba dengan kelir putih. Mengenai pengeremannya juga ditingkatkan menggunakan selang rem braided.