Modifikasi Kustom Yamaha XSR 155 Pakai Pelek ATV 10 Inci!

Modifikasi Kustom Yamaha XSR 155 Pakai Pelek ATV 10 Inci!

Yamaha XSR 155 menjadi motor retro yang dapat dimodifikasi kustom dengan bebas. Seperti peserta Yamaha Yard Built Yogyakarta yakni builder WBike Kustom yang mengubahnya dengan kaki-kaki gambot. Menariknya motor ini dibuat dengan inspirasi dari motor tua Yamaha.

Wendy Purnama mengatakan motor modifikasi yang dibuat bengkelnya diberi nama XSR 155 Big Wheels BWXSR155. Sehingga hanya cukup diubah di bagian kaki-kakinya agar terlihat kekar. Namun ubahan kaki-kaki yang dilakukan WBike Kustom cukup ekstrim karena mengandalkan pelek ATV 10 inci yang memiliki tapak lebar dan profil tinggi.

Foto: Brian

"Dalam program Yard Built ini, saya pilih inspirasinya dari motor Yamaha BW200. Body set baru, kaki-kaki full set diganti baru. Kaki-kaki dan area transfer gear dirubah, agar sesuai dengan penggunaan roda yang lebih besar," ujar Wendy ketika ditemui media beberapa waktu lalu.

Karena kaki-kaki BWXSR155 menjadi sangat lebar dari standarnya, beberapa komponen pun diubah salah satunya swing arm yang lebih lebar. Kemudian bagian rantai dibuat penyambung dari gear depan ke gear belakang. Hal ini dilakukan agar disesuaikan dengan posisi gear belakang yang lebih keluar dibandingkan gear depan.

Foto: Brian

Sementara bagian bodi-bodi BWXSR155 dibuat mirip seperti motor Yamaha BW200. Mulai dari spatbor yang dibuat cukup tinggi dan lebar dari standarnya, kemudian bagian lampu dibuat batok yang mirip seperti motor cross. Wendy mengaku motor kustom ini tidak mengesampingkan fungsinya dan dapat digunakan baik di aspal atau petualang.

Mengenai pengerjaannya sendiri, Yamaha BWXSR155 ini dibuat dengan waktu lebih kurangnya selama dua bulan. Sayangnya Wendy enggan mengungkapkan nominal pasti dari pembuatan motor Yamaha XSR 155 berkaki-kaki kekar ini.