Pahami Ukuran Ban Maksimal di Yamaha XSR 155, Jangan Sampai Salah Beli!

Pahami Ukuran Ban Maksimal di Yamaha XSR 155, Jangan Sampai Salah Beli!

Yamaha XSR 155 merupakan motor bergaya retro dengan penuh nuansa modern yang diluncurkan Yamaha Indonesia sejak 2019 lalu. Motor bergaya retro ini tentunya memiliki banyak sektor untuk dimodifikasi. Salah satunya adalah ukuran ban yang dapat dibuat lebih besar, lantas berapa ukuran maksimalnya?

Andi Akbar alias Atenx Katros dari Katros Garage sudah banyak memodifikasi Yamaha XSR 155 ini. Menurutnya terdapat beberapa ukuran ban yang dapat digunakan oleh motor bergaya retro tersebut. Atenx sendiri langsung memberikan panduan mengenai ukuran maksimal pada Yamaha XSR 155.

"Kalau pakai pelek standar, dia bisa sampai 160/60 di roda belakang itu masih masuk. Atau 150/70 juga bisa itu sudah besar banget. Malah lebih rekomen yang 150/70 karena profil ban jadi lebih tebal. Kalau depan masih pakai spatbor standar, cuma sampai 110/80, tetapi kalau spatbor asli dilepas bisa sampai 130/80," ujar Atenx saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Foto: Brian

Berdasarkan pengalaman Atenx melakukan modifikasi Yamaha XSR 155, ukuran ban tersebut masih dapat mengandalkan pelek standar. Jika mengganti pelek dengan yang lebih lebar, maka dapat menggunakan ukuran ban yang lebih besar. Meskipun perbedaannya tidak terlalu signifikan antara pelek standar atau aftermarket.

"Kalau dilepas dari pelek standarnya, bisa 160/70 untuk ban belakang. Kalau depan itu sebenarnya mentok di 130 sih, tapi kalau pakai pelek lebih lebar ban juga jadi lebih besar lagi tampilannya," pungkas Atenx.