Test Ride: Vespa GTS 150 Atta Halilintar, Ternyata Fun to Ride!

Test Ride: Vespa GTS 150 Atta Halilintar, Ternyata Fun to Ride!

Atta Halilintar beberapa waktu lalu melakukan modifikasi Vespa GTS 150 di bengkel ternama yakni Scooter VIP. Modifikasi pada Vespa tersebut memiliki konsep racing look dengan nuansa yang sporty. Namun bukan hanya tampilannya saja, beberapa komponen di sektor dapur pacu juga dimodifikasi untuk mendongkrak performanya.

Scooter VIP pun menginzinkan kami dari OtoMods untuk menjajal Vespa GTS 150 milik Atta Halilintar itu. Maka dari itu, kali ini kami akan lebih fokus terhadap rasa berkendara motor yang sudah dimodifikasi tersebut.

Foto: Rangga

Dari posisi duduk, sebenarnya Vespa GTS 150 Atta Halilintar tidak berbeda jauh dari GTS lainnya. Hanya saja jok yang sudah diubah tentu memberikan kesan berbeda dari Vespa lainnya. Jok modifikasi yang diterapkan terasa tidak terlalu empuk namun tetap dapat menopang badan dengan baik.

Persoalan performa, modifikasi dimulai dari sektor akselerasi di komponen CVT. Seluruh bagian CVT diganti seperti Variator dengan flywheel dari Polini, berat roller 12 gram, Polini Kevlar Belt, Polini Kanvas Kopling, dan mangkok kopling keramik Polini. Filter udara dan Filter Oli, Per Torsi, Knalpot juga menggunakan komponen dari Polini Italia.

Foto: Rangga

Sementara di bagian pengapian juga ditingkatkan menggunakan Ignition Amplifier merek Scootech. Bagian pengereman disc brake menggunakan Polini tipe Fixed di roda depan dan belakang, serta kanvas rem menggunakan merek Polini. Sementara brake lever diubah menggunakan Zelioni dan selang rem braided warna hijau.

Hasilnya tarikan Vespa GTS 150 milik Atta Halilintar terasa ringan di putaran bawah. Meskipun sebelum motor dapat melaju, terasa gerungan mesin terlebih dahulu yang cukup besar sebelum akhirnya roda berputar. Namun untuk akselerasi, terasa cukup fun to ride di jalanan perkotaan.

Foto: Rangga

Suspensi bagian depan dari Vespa GTS 150 yang sudah diganti menggunakan komponen dari Zellioni ini terasa cukup keras. Mungkin setelan ini digunakan untuk memaksimalkan kestabilan saat manuver menikung. Meski demikian, suspensi belakang yang masih standar masih mampu memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Urusan pengereman juga menjadi keunggulan dari Vespa GTS 150 milik Atta Halilintar. Meskipun komponen yang diganti hanya disc brake dan kampas dari Polini, pengereman terasa lebih responsif daripada versi standar. Terlebih selang rem juga sudah diganti menggunakan model braided.