Enggak Nanggung, Nissan Navara Swap Engine Pakai Mesin GT-R 4.100 cc!

Enggak Nanggung, Nissan Navara Swap Engine Pakai Mesin GT-R 4.100 cc!

Nissan Navara adalah sebuah mobil double cabin yang terlihat garang serta memiliki postur yang besar dan kekar. Biasanya pemilik mobil ini hanya sedikit saja yang melakukan modifikasi di sektor performa. Mungkin hal tersebut yang menggugah pemilik Navara yang satu ini untuk melakukan modifikasi di sektor performa dengan cukup ekstrim.

Dilansir dari Carbuzz, Nissan Navara yang dilaporkan kali ini adalah mobil dengan mesin V6 bertenaga 1.000 hp. Menariknya, bukan hanya V6 biasa, karena mesin tersebut diambil dari jantung Nissan GT-R 4.100 cc. Mobil tersebut adalah milik Steve 'Baggsy' Biagioni yang merupakan seorang drifter profesional dan pemilik SB Motorsport.

Foto: Carbuzz

Ide membuat Nissan Navara dengan mesin kencang ini muncul ketika terjadi lockdown saat virus corona menerjang. Setelah dua tahun kemudian, mimpi tersebut terwujud untuk menghadirkan Navara 1.000 hp. Lantas apa saja modifikasinya selain mengganti mesin GT-R?

Biagioni dilaporkan memasang dua turbocharger dari Garett pada mesin GT-R yang dipasangkan pada Nissan Navara. Kedua turbocharger tersebut dikontrol lewat ECU dari Syvecs. Menariknya, modifikasi di mesin ini tetap sesuai dengan aturan jalan raya, sehingga dapat digunakan di jalanan umum.

Foto: Carbuzz

Selanjutnya modifikasi Nissan Navara berlanjut pada shock tower khusus untuk subframe GT-R. Sehingga mobil double cabin ini tetap mempertahankan sasis GT-R dan sistem all-wheel-drive. Transmisi Navara-R pun banyak diakalkan untuk membantu girboks dual-clutch yang dikembangkan khusus untuk mengirim tenaga ke empat roda.

Kemudian suspensi coilover KW dengan sistem HLS 4 titik pun dipasangkan pada Nissan Navara agar tampilannya lebih ceper. Selain itu karena tenaga yang meningkat, pengereman mengandalkan kaliper Alcon RC6 dan RC4. Demi mempercantik penampilan, pelek BBS 20 inci terlihat melengkapi grafis desain body kit dan decal.