Garang di Eksterior, Dapur Pacu Honda Civic Estilo Pandem Juga Tak Kalang Bengis!

Garang di Eksterior, Dapur Pacu Honda Civic Estilo Pandem Juga Tak Kalang Bengis!

Honda Civic Estilo dengan wide body kit Pandem sudah OtoMods bahas dalam beberapa artikel. Banyaknya ubahan di sisi eksterior ternyata tidak kalah dengan modifikasi di bagian mesinnya. Di dalam ruang mesinnya kini telah menggunakan kapasitas 2.000 cc yang dapat menghasilkan tenaga lebih dari 200 Hp.

Riswan Rusdiansyah selaku pemilik Honda Civic Estilo tersebut menyebutkan di dalam mesin sudah mendapatkan banyak ubahan. Dapur pacu Estilo tersebut bukan lagi menggunakan mesin D16, melainkan kini menjadi B20. Menariknya mesin tersebut sudah menggunakan cylinder head DOHC dan dibekali teknologi VTEC.

Foto: Brian

"Mesinnya sendiri, kita sama-sama tahu kalau Estilo itu mesinnya D16, 1.600 cc, SOHC, non-VTEC. Kalau disini, sekarang pakai mesin B20 untuk mengejar kapasitas 2.000 cc bawaan dari CR-V gen 1. Atasnya head itu pakai basicnya B16A supaya mengejar VTEC-nya, karena itu sudah DOHC," ujar Riswan ketika ditemui OtoMods di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menariknya mesin B20 yang dipasangkan pada Honda Civic Estilo tersebut tidak dalam kondisi standar. Beberapa komponen memang disegarkan agar mesin lancar tanpa mengalami masalah. Namun beberapa komponen ditingkatkan untuk mendapatkan tenaga yang lebih besar daripada standarnya.

Foto: Brian

"Dalemannya sendiri, piston sudah ganti, refresh semua, piston ring, setang, camshaft pakai Toda B, terus cam gear pakai AEM, timing belt kevlar, pompa bensin Aeromotive, fule rail pakai AEM, oil pump pakai B18 Type-R. Radiator pakai SARD, intake pakai Skunk2, throttle body pakai S90, filter udara Js Racing. Head sudah porting polish, jadi lumayan upgrade semua di sektor dapur pacu," pungkasnya.

Demi mendukung semua komponen tersebut, Riswan menggunakan manajemen dari ECU P30 yang dicolokkan ke Hondata yang dikawinkan dengan injektor RC. Sementara untuk pembuangan, Riswan mengaku mengandalkan komponen lokal ORD dengan ukuran 41 untuk header knalpot. Sementara itu sistem knalpot menggunakan model straight pipe yang menggunakan Buddy Club Pro Spek II.

"Kalau dyno sudah pernah sih, itu hasilnya kemarin sampai 256 hp di mesinnya. Kalau untuk hasil on wheel itu sekitar 140-an hp lah," pungkas Riswan.