Mau Mudik Pakai Mobil Sedan? Perhatikan Beberapa Tipsnya

Mau Mudik Pakai Mobil Sedan? Perhatikan Beberapa Tipsnya

Mudik lebaran sudah menjadi tradisi bagi banyak masyarakat Indonesia. Pada saat mudik ini tentunya membutuhkan mobil yang dapat menunjang keselamatan dan keyamanan perjalanan. Namun bagi pecinta roda empat yang ingin mudik pakai sedan, berikut beberapa tips yang dapat digunakan.

Dalam keterangan resmi Komunitas Civic Turbonesia Chapter Jateng - DIY mengatakan mobil sedan memiliki ground clearance yang sangat minim. Sehingga beberapa hal harus diperhatikan, terutama saat melewati aspal atau beton yang pecah. Biasanya kondisi jalan seperti ini banyak terjadi di jalur antar kota.

Jalanan yang berlipat atau aspal dan beton yang pecah dapat menyebabkan kerusakan pada mobil sedan. Mengingat mobil jenis ini memiliki ground clearance yang rendah. Di sisi lain, pecahan beton juga dapat membuat ban pecah hingga pelek retak.

Selanjutnya dihimbau pemudik dengan sedan agar tidak membawa banyak oleh-oleh dari kampung halaman. Selain karena bagasi mobil sedan yang sangat kecil, beratnya barang bawaan dapat berpengaruh terhadap kestabilan mobil. Bahkan dimungkinkan dapat membuat mobil terangkat pada saat tarikan gas spontan.

Terakhir, pengemudi disarankan tetap megnedepankan aspek safety driving pada saat perjalanan mudik. Pengemudi harus selalu menjaga kesehatan dan kebugaran badan. Mengingat mobil sedan memiliki kendali yang lebih ringan dan performa lebih tinggi jika dibandingkan dengan MPV dan SUV.