Rack Steer Honda Freed Bunyi, Bisa Dibetulin?

Rack Steer Honda Freed Bunyi, Bisa Dibetulin?

Honda Freed merupakan mobil MPV yang pernah meramaikan pasar otomotif Indonesia. Mobil boxy asal Jepang ini ternyata memiliki banyak penggemar di Indonesia. Sehingga tidak sedikit yang melakukan modifikasi baik itu konsep racing hingga ke elegan sekalipun.

Seperti yang dilakukan olah Muhammad Ilham Utama yang memiliki Honda Freed dengan julukan Freedbutek. Ilham sapaan akrabnya telah melakukan modifikasi pada Honda Freed dengan konsep elegan. Saat ditemui OtoMods, Ilham pun sedikit bercerita tentang penyakit yang dirasakan pada Freed miliknya.

Foto: Brian

"Kalau Freed dari mesin sih enggak ada penyakit, sebenarnya bukan penyakit Freed kali ya dibilangnya, kalau kaki-kaki sepertinya penyakit semua mobil Honda. Rack steer itu biasanya bunyi-bunyi," ujar Ilham saat ditemui OtoMods beberapa waktu lalu di Jakarta.

Menurut pengalaman Ilham, Rack Steer pada Honda Freed miliknya mengalami bunyi yang kurang mengenakkan. Menurutnya hal ini tidak bisa diperbaiki, karena jika dibetulkan hanya bertahan selama satu tahun saja. Setelahnya, bunyi pada rack steer mobilnya kembali muncul.

Foto: Brian

"Jadi mungkin bukan enggak bisa dibetulin, cuma memang penyakit dari Honda-nya. Kasusnya enggak di Freed doang, beberapa teman saya yang pakai Honda juga mau sedan atau city car sama saja," pungkas Ilham.

Menurutnya, jika rack steer pada mobil keluaran Honda memiliki bunyi yang tidak jelas, dapat di diamkan saja. Berdasarkan pengalamannya, walaupun kurang enak didengar, namun penyakit tersebut tidak merembet ke komponen lain. Sehingga tidak berpengaruh terhadap pengendalian ataupun keamanan mobil.