Suzuki Escudo Jadi Sarana Nostalgia Gading Marten Modifikasi Zaman SMA

Suzuki Escudo Jadi Sarana Nostalgia Gading Marten Modifikasi Zaman SMA

Di era '90-an, modifikasi mobil jenis SUV seperti Suzuki Vitara - Escudo - Sidekick malah kebanyakan diceperin pada saat itu. Dimulai sekitar tahun 1993 sampai awal 2000-an masih banyak terlihat ketiga SUV Suzuki ini diceperin.

Modifikasinya pun sudah mulai mengacu ke gaya 'Selatan' alias South Style. Biasanya modifikasi ini pakai pelek besar dan diceperin pas dengan fender jadi ciri khas saat itu. Peleknya dari yang pakai Antera palang tiga, Fondmetal, Kelleners, AMG, sampai Brabus meski harus ubah PCD atau pasang adaptor tetap dilakoni.

Foto: bautenam

Rupanya artis yang bernama Gading Marten pun punya kenangan tersendiri mengenai modifikasi ala South Style ini. "Dulu waktu SMA gue pake Toyota Great Corolla, cuma gue lagi pengin modif Escudo ini. Karena ya itu, dulu kan banyak juga tuh Vitara dan Escudo yang dimodif pake pelek gede dan diceperin, gue mau nostalgia," gelak Gading.

Gading dibantu oleh sahabat lamanya yang sudah 'senior' soal modif di tahun '90an yaitu Dapen. Gading pun segera memulai proyek nostalgia Suzuki Escudo. Begitu mobil didapat, oleh Dapen langsung dipasangkan pelek berukuran 17x8 inci yang dibalut ban Yokohama Advan Flava 225/50R17.

Foto: bautenam

Karena beda, PCD Suzuki Escudo harus diubah terlebih dahulu di bengkel bubut legendaris yaitu Sarinande. Setelah itu, biar enak dilihat, suspensi harus disunat alias diceperin. "Mendekinnya pakai per custom dan ganti shockbreaker, cepernya pas dan bantingannya masih enak," ucap Dapen. 

Untuk tampilan eksterior Suzuki Escudo, Dapen juga memasang dual tailpipe Lorinser dari tuner Mercy. "Tail pipe Lorinser ini jadi barang wajb untuk modif South Style dulu, susah juga nyari yang masih bagus," seru Dapen.

Terakhir, di interior Suzuki Escudo ini Dapen memasangkan jok Recaro Ergomed untuk menggantikan jok aslinya. Setelah itu seluruh kaca dibuat bening tanpa kaca film dan dan setir Nardi juga dipasang. Simpel modifnya dan enak dilihat kan!