Suzuki Jimny Tua Punya Suspensi Keras? Ini Cara Mengakalinya

Suzuki Jimny Tua Punya Suspensi Keras? Ini Cara Mengakalinya

Suzuki Jimny yang sudah tua memang kerap memiliki kendala di berbagai sektor. Uniknya meskipun mobil ini mendapatkan banyak keluhan, namun tetap punya banyak peminat. Salah satu yang kerap dikeluhkan adalah suspensinya yang sangat keras atau kaku.

Seperti yang dijelaskan oleh Hendy Laas selaku pengguna Suzuki Jimny tua. Menurutnya kalau kaki-kaki banyak yang mengandalkan suspensi dari generasi kedua Jimny yakni JA11. Menurutnya meskipun sama-sama menggunakan per daun atau leaf spring tetapi JA11 memiliki konstruksi yang berbeda.

"Dia juga per daun, tapi lebih empuk karena susunannya sedikit. Kalau Katana itu per daunnya 4 susun, kalau JA11 itu cuma 3 susun. Harganya sekitar Rp 2,5 juta sampai Rp 3 jutaan," ujar Hendy Laas ketika ditemui sejumlah awak media beberapa waktu lalu di Senayan, Jakarta.

Foto: Brian

Akan tetapi untuk mencari per daun JA11 menurut Hendy Laas cukup menjadi tantangan. Hendy mengaku per daun cukup sulit ditemukan sehingga menyulitkan para pengguna Jimny di Indonesia. Hendy juga menyebutkan per daun JA11 tidak tersedia dalam versi KW dan model originalnya tidak tersedia di Indonesia.

"Biasanya kalau niat banget ya beli dari Jepang atau Malaysia gitu. Cuma jadinya kan lebih ribet karena harus pakai jasa importir," pungkas Hendy.