Baterai Motor Listrik Diklaim Tahan Air, Namun Perhatikan Aksesorisnya

Baterai Motor Listrik Diklaim Tahan Air, Namun Perhatikan Aksesorisnya

Motor listrik baik dari merek baru maupun konversi kini mulai ramai di Indonesia. Meski sudah memasuki era motor listrik, namunmasih banyak yang mempertanyakan ketahanan jika terkena air. Mengingat dan sudah menjadi rahasia umum bahwa air merupakan musuh utama komponen elektrik.

Hermawan Wijaya selaku Marketing Director PT International Chemical Industry (Baterai ABC) memberikan tanggapannya. Menurutnya baterai buatan ABC sendiri sudah tahan terhadap air. Baik dalam bentuk baterai pack, maupun baterai cell itu sendiri.

"Kalau ABC itu sudah tahan air, baik dari baterai packnya itu sendiri maupun baterai cell. Namun yang perlu diperhatikan adalah aksesoris yang terpasang di baterai. Seperti contohnya biasanya terdapat Baterai Management System (BMS)," ujar Hermawan saat ditemui OtoMods di Jakarta, Rabu (9/6) kemarin.

Foto: Brian

Hermawan mengatakan biasanya BMS dimungkinkan rusak saat terkena oleh air. Sehingga perlu penanganan yang tepat agar baterai maupun BMS dapat tahan air. Mengingat motor listrik bisa saja digunakan dalam keadaan hujan lebat atau terkena banjir sekalipun.

"Karena begini, kalau bengkel itu kan merakit sendiri karena mudah merakit baterai pack. Itu tingkat level safety pada saat pembuatan pack berbeda-beda. Itu yang menyebabkan keamannya kurang," pungkas Hermawan.