Perhatikan Berat Barang Saat Pakai Box di Motor Touring

Perhatikan Berat Barang Saat Pakai Box di Motor Touring

Honda CB150X menjadi motor penjelajah baru yang hadir di kelas terkecil yakni 150 cc. Sebagai motor yang cocok digunakan dalam jarak jauh, maka pemasangan kompartemen box sangat memungkinkan. Pertanyaannya, jika CB150X dipasang box maka berapa berat maksimal membawa barang yang dianjurkan?

Denny Budiman selaku General Manager Technical Service PT Daya Adicipta Motora mengatakan saat membawa box, berat bawaan memang harus diperhatikan. Menurutnya kapasitas dan berat barang bawaan dapat mempengaruhi keselamatan dan kenyamanan berkendara. Berdasarkan perhitungannya, berat barang bawaan harus tidak lebih dari berat motor tersebut.

"Kalau motor touring itu memang identik dengan membawa barang bawaan, sederhananya dengan box ya. Adakapaistas yang harus diperhatikan, kapasitas yang bisa dibawa adalah 120 kg, itu termasuk si pengendara," ujar Denny Budiman dalam konferensi pers belum lama ini.

Foto Instagram

Menurut Denny, jika terdapat tambahan dari bobot tersebut, harus terdapat penyesuaian. Terutama dari segi ketahanan box tersebut dan disesuaikan dari konstruksi sepeda motor. Dengan demikian dapat menambah kenyamanan dan tentunya pengendara akan merasa lebih stabil.

"Kalau ada tambahan box disamping atau belakang harus disesuaikan dengan konstruksi yang ada di sepeda motor ini. Bagaimana kalau ingin lebih, harus ada penyesuaian supporting kekuatan yang akan menambah kenyamanan, kestabilan atau kekuatan dari barang yang diangkut dengan CB150X ini," ujarnya.