Plus Minus Modifikasi Honda Vario 160 Pakai Ban Lebar, Tarikan Berat?

Plus Minus Modifikasi Honda Vario 160 Pakai Ban Lebar, Tarikan Berat?

Honda Vario 160 yang dibuat gambot oleh Andi Akbar alias Atenx dari Katros Garage sudah kami beritakan. Selain soal modifikasinya, Atenx juga menceritakan soal impresi menunggangi motor tersebut. Dengan ban yang lebih besar, apakah terdapat banyak perubahan dari segi performa skutik 160 cc tersebut?

Atenx bercerita secara bobot, tentunya Honda Vario 160 gambot ini menjadi lebih berat daripada standarnya. Atenx menceritakan berat terasa ketika mesin berada di putaran bawah. Berdasarkan pengalamannya 0-20 km/jam akselerasinya terasa berat, terutama dari posisi berhenti.

Foto: Brian

"Tetapi setelah 20 km/jam dan seterusnya sih sama saja, seperti biasa enggak beda sama yang standar. Cuma kalau dari konsumsi bahan bakar sih belum tau karena belum dites. Soalnya ban perbedaannya jauh, aslinya pelek belakang 3,5 inci jadi 4 inci. Jadi tapak yang kena aspal pasti lebih lebar," jelas Atenx ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu di Tangerang Selatan.

"Kalau handling sudah pasti berubah, jadi lebih apa ya istilahnya rigid lah. Kalau buat nikung tuh jadi lebih stabil, biasanya di jalan kecil kecepatan 20-30 saja terlalu enteng biasanya. Kalau ini lebih antep, jadi enggak enteng dan melayang banget," lanjut Atenx menjelaskan.

Foto: Brian

Namun Atenx mengakui dari segi konsumsi bahan bakar, Honda Vario 160 gambot ini akan lebih boros daripada standarnya. Namun menurutnya memang tidak akan terasa perbedaannya dibandingkan pada saat standar. Berbeda lagi jika penggunaan digunakan dalam jalan yang padat dan macet, jika kondisi jalan kosong dan kecepatan konstan tidak terlalu boros.

"Ke depan paling project Honda Vario 160 gambot ini adalah upgrade CVT. Jadi mau riset CVT-nya biar tarikan bawahnya itu enggak terlalu berat lagi. Mungkin ganti roller atau apa, masih belum tahu sih akan seperti apa," pungkasnya.